Ads Right Header

Buy template blogger

Mencari Kata Yang Hilang || Ricard Jundu

Puzzle
Ilustrasi menemukan sesuatu yang tepat (sumber: pixabay.com)

Di saat ini aku tak henti-hentinya mengeluh dan berjuang. Keberadaanku seakan tak berdaya menempuh hidup yang kian surut mengering hingga gersang. Sudah lama kering tak berdaya, aku tahu segala kesalahan akan menunda rejeki yang siap datang kepada kehidupanku ini.

Dimana keadilan hidup yang sesungguhnya? 

Aku hanya memiliki perasaan yang tidak bisa melihat keadilan, walau itu sebenarnya nampak jelas dalam kehidupan. Aku membutuhkan kaca mata keadilan untuk bisa melihat keadilan itu sendiri. 

Melangkah butuh persiapan yang sangat matang sehingga kepastian dapat diraih dengan pasti. Siapa pemilik keadilan itu? sehingga aku harus memintanya. Aku selalu mencari arti hidupku sendiri dengan melihat keadilan.

Perjalananku masih panjang dalam menghadapi segala tantangan hidup. Dalam kehampaan aku berpikir bahwa ada sesuatu yang hilang dari setiap aktivitas yang dilakukan. 

Mengapa? Aku hanya berorientasi pada satu arah dan melupakan arah yang lain. Aku terkejut saat dikejutkan oleh sesuatu gertakan yang membutuhkan tanggapanku. Diam sebenarnya bukan jawaban, seharusnya aku mengatakan sesuatu, apa pun itu walau tak bermakna.

Jangan memaksa aku untuk menjawab karena itu membuatku gelisah dan gerogi. Aku jadi tak bisa berpikir. Mungkin, biarkan aku hening sejenak untuk memanggil kembali sesuatu yang hilang dari dalam pikiran. 

Berikan aku waktu sejenak karena tidak mudah mencari sesuatu yang hilang agar aku dapat  tanggapi keinginanmu. 

Aku selalu berpikir bagaimana caraku menemukan kata yang hilang itu. Sebenarnya, aku membutuhkan waktu untuk mengingat kembali kata yang hilang itu. 

Baiklah, aku akan mencari waktu yang tepat untuk  menemukan kata yang hilang itu. Waktu di mana aku bisa tenang. Kesempatan yang tepat untuk merenung.

Ketenangan akan membuatku mampu menemukan kata yang hilang itu. Aku sadar bahwa hal itu tidaklah mudah. 

Butuh perjuangan yang panjang dan melelahkan. Sekarang yang aku butuhkan hanyalah fokus pada tujuan.

Fokus membuatku semakin terarah. 

Itu tepat sekali, maka mulailah fokus dan pada akhirnya dititik kejenuhan masa pencarian kata yang hilang itu, aku terinspirasi untuk terus bergerak maju. Dalam perjalanan hidup, aku pun menemukan kata yang hilang itu.

Kata yang hilang itu adalah kesabaran. Ya, kesabaran memang tepat untuk kehidupanku saat ini.


Penulis adalah penyuka karya sastra dan seni yang sudah menulis di berbagai media cetak dan online


Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel