Ads Right Header

Buy template blogger

Nyiru Dan Cara Meningkatkan Nilai Ekonomisnya

Kerajinan tangan
Gambar Nyiru Anyaman Bambu (sumber foto: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia)

Harga Nyiru Bisa Mencapai Jutaan Rupiah Asalkan Tahu Caranya.

Berikut akan dijelaskan cara meningkatkan nilai ekonomis nyiru. 

Kreatif.pikiRindu- Ide kreatif terkadang lahir dari adanya kondisi terdesak yang bisa memacu pikiran untuk segera menyelesaikan masalah. Dalam hal pemenuhan ekonomi juga demikian.

Industri kreatif sudah berkembang dengan baik di Indonesia tetapi belum di kabupaten Manggarai. Usaha kreatif yang belum berkembang dengan baik akan menjadi peluang yang bisa ditangkap.

Bagi yang kesulitan mencari lapangan pekerjaan, alangkah baiknya jika bisa melihat peluang di usaha kreatif. salah satunya adalah nyiru.

Nilai ekonomis nyiru bisa ditingkatkan, asalkan tahu caranya sehingga dari biasanya memiliki harga kisaran Rp. 25.000 - Rp. 50.000 bisa bernilai jutaan rupiah.

Tentunya untuk meningkatkan nilai ekonomis nyiru ini bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus.

Namun, tidak salah juga jika kita ingin belajar dan menangkap peluang usaha kreatif ini. Usaha kreatif ini memang tidak mudah. Kita harus mengasah keterampilan kita terlebih dahulu.

Bagaimana cara meningkatkan nilai ekonomis nyiru?

Pertama, perhatian kita berpusat pada pengetahuan awal tentang nyiru. Di mana, nyiru digunakan oleh masyarakat sebagai wadah untuk menampi beras sebelum dimasak menjadi nasi.

Nyiru kalau di kabupaten Manggarai biasanya terbuat dari anyaman bambu. Dalam hal ini, kita garis bawahi anyaman bambu. Anyaman bambu biasanya murni kerajinan tangan lokal beberapa masyarakat.

Kedua, perhatian kita berpusat pada keterampilan yang harus dimiliki. Anyaman bambu tentunya dihasilkan oleh orang yang sudah terampil.

Di sini, kita perlu melatih diri kita untuk terampil dalam menganyam. Namun, sebaiknya kita bekerja sama dengan pengrajin nyiru saja. Itu lebih praktis dan mudah.

Ketika kita membeli nyiru hasil kerajinan masyarakat, artinya kita membantu mereka untuk meningkatkan kehidupan ekonominya. Sebaiknya kita mengasah keterampilan lainnya saja yaitu untuk meningkatkan nilai ekonomis nyiru.

Keterampilan yang harus kita miliki yaitu seni melukis. Mengapa melukis? Dalam hal ini, kita akan mengubah fungsi nyiru.

Kita harus merubah fungsi nyiru untuk meningkatkan nilai ekonomisnya. Kalau biasanya nyiru berfungsi untuk menampi beras maka kita mengubah fungsinya menjadi karya seni seperti hiasan dinding.

Ketika kita mengubah fungsi nyiru menjadi karya seni maka yang membuat nilai ekonomisnya meningkat adalah nyiru dari anyaman hasil kerajinan tangan dan bukan mesin.

Selain itu, nyiru dengan polesan seni hasil karya tangan secara manual yang lebih menarik juga akan meningkatkan nilainya. Sekarang, karya seni klasik memiliki nilai yang sangat tinggi bagi kolektor seni.

Berikut salah satu ulasan karya seni dari nyiru.

Salah satu ulasan ini pernah disampaikan dalam seminar ilmiah dengan tema "Tantangan dan Peluang di Era Digital" di kampus Unika Santu Paulus Ruteng oleh Ricardus Jundu, S.Si., M.Pd. pada tanggal 24 Januari 2022.

Karya seni dari nyiru yang disarankan adalah hiasan dinding. Cara membuat hiasan dinding sebagai berikut.

1. Membuat atau membeli kerajinan nyiru dari pengrajin

2. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat: solder lukis bakar dan pensil serta tentunyan nyiru. Bahan: Cat vernis atau bisa juga gunakan lilin pengkilat.

3. Gambarlah sketsa pada nyiru menggunakan pensil. Misalnya gambar sketsa pemandangan atau bisa juga sketsa orang yang lagi bermain caci, dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan kita.

4. Setelah kita menggambar sketsanya, selanjutnya kita mulai melukis menggunakan solder lukis. Di sini, keahlian kita diuji karena kita harus bisa menghasilkan lukisan bakar yang sempurna.

5. Jika lukisan bakar pada anyaman bambu sudah selesai maka selanjutnya adalah memvernis keseluruhan  nyiru untuk menjaga keawetan hasil karya seni kita.

6. Penjualannya bisa menggunakan berbagai aplikasi online dan disarankan mencari pasaran online yang bisa mencapai pasaran eropa atau luar negeri karena lebih menguntungkan.

Karya seni yang kita hasilkan bisa dijual dengan harga jutaan. Kenapa harganya bisa jutaan karena keaslian karya yang dihasilkan. Bayangkan saja, satu lukisan kanvas saja bisa mencapai jutaan sampai ratusan juta.

Intinya adalah jangan patah semangat. Ketekunan kita akan menghantar kita pada keberhasilan dan kesuksesan. Kita hanya perlu melihat peluang dan belajar menghargai proses.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba.

@Red.pikiRindu

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel