Ads Right Header

Buy template blogger

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada Kuartal Pertama 2023 Mendorong Penurunan Tingkat Pengangguran dan Kemiskinan

Ilustrasi (Sumber:pixabay)

Penulis: Ricardus Jundu || Editor: Yati Kabut

Ruteng, PIKIRINDU.com- Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2023 terus menunjukkan performa positif dengan mencapai pertumbuhan sebesar 5,03 persen. Kondisi ini memberikan harapan bagi pemerintah untuk menekan tingkat pengangguran di tahun ini.

Menurut Febrio Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, tingkat pengangguran saat ini mencapai 5,45 persen, mengalami penurunan sebesar 0,38 persen poin dibandingkan dengan Februari 2022. Data dari Badan Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa sekitar 3,60 juta orang (1,70 persen) penduduk usia kerja terdampak pandemi COVID-19.

"Dalam dua tahun terakhir, tingkat pengangguran telah berhasil diturunkan secara signifikan dari 6,26 persen menjadi 5,45 persen," ujar Febrio dalam wawancara yang diunggah di akun YouTube BKF Kemenkeu pada Senin (8/5).

Selain itu, tren penurunan juga terlihat pada tingkat kemiskinan di Indonesia. Pada tahun 2022, tingkat kemiskinan mencapai 9,57 persen, mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2020-2021 yang dipengaruhi oleh pandemi COVID-19.

"Dalam menghadapi pandemi, tingkat kemiskinan berhasil ditekan menjadi 10,19 persen pada tahun 2020. Namun, pencapaian yang lebih baik terlihat pada tahun 2022 dengan tingkat kemiskinan yang turun menjadi 9,57 persen. Kami berharap angka tersebut terus menurun di tahun ini," tambah Febrio.

BACA JUGA:

* Tren Usaha Desain Kekinian dalam Membangun dan Mengembangkan Produk Berkelanjutan

* Cara Meningkatkan Omset UMKM dengan Manajemen Efektif

Pertumbuhan ekonomi yang baik juga berdampak pada penurunan tingkat ketimpangan sosial di Indonesia. Dengan pertumbuhan yang berkelanjutan, diharapkan tingkat pengangguran dan kemiskinan dapat terus ditekan, menciptakan kondisi sosial-ekonomi yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:

* 10 Tips Ekonomi Keluarga untuk Menghemat Uang dan Mencapai Kebebasan Finansial

* Cepat Atau Lambat Ada Potensi Besar di Mukun, Kabupaten Manggarai Timur

Dengan performa ekonomi yang positif dan upaya pemerintah yang terus dilakukan, Indonesia semakin menunjukkan kemajuan dalam mengatasi tantangan ekonomi dan sosial yang dihadapi. (Redaksi PR)


Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel