-->


Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Unika Ruteng Gelar Kegiatan Workshop dan Coaching Clinic

Foto: Rektor Unika Santu Paulus Ruteng lagi memberikan sambutannya (sumber foto: Ricardus Jundu)

Infosaja.pikiRindu– Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengadakan Workshop dan Coaching Clinic Proposal Penelitian & PKM Hibah DRPM Pembiayaan Tahun 2022. 

Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dan daring (16 September 2022). Kegiatan ini dilaksanakan di GUT lantai 5 Unika Ruteng. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai hari ini, 16 sampai 19 September 2022.  

Baca Juga: 386 Mahasiswa PGSD FKIP Unika Ruteng Mengikuti Pembekalan Magang II

Narasumber kegiatan Workshop dan Coaching Clinic ini adalah adalah Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto, Sc., Agr. Para peserta kegiatan hadir secara offline sedangkan nara sumber menyajikan materinya secara online melalui platform media zoom meeting. 

Nara sumber dalam kegiatan ini memiliki reputasi yang sangat baik dalam hal hibah penelitian, PKM dan Maching Fund, baik nasional maupun internasional. Bahkan, narasumber yang diundang ini sudah sering memenangi hibah dengan dana hibah tertinggi yang pernah diraih sebesar 3 miliar rupiah.

Kegiatan Workshop dan Coaching Clinic yang dilaksanakan ini merupakan program kegiatan yang didanai dari hibah PKKM.

Baca Juga: Unika Santu Paulus Ruteng Persiapkan Peran Mahasiswa Dalam Hidup Bersama Masyarakat

Rangkaian acara dalam kegiatan pembukaan dimulai dengan laporan ketua palaksana dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes S. Lon, M.A yang secara resmi mambuka kegiatannya.

Dr. Maximus Tamur, M.Pd., sebagai ketua pelaksana dan Koordinator ISS-MBKM, menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memfasilitasi para dosen UNIKA Santu Paulus Ruteng untuk merancang tema penelitian dan PkM yang relevan dengan kebutuhan mitra baik di Satuan Pendidikan, Lembaga Pemerintahan, maupun masyarakat. 

Selain itu, kata Dr. Max bahwa kegiatan ini membantu dosen dan mahasiswa UNIKA Santu Paulus Ruteng untuk merancang Proposal Penelitian dan PkM yang dapat diikutkan pada Hibah Kemendikbud, meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi mahasiswa pada jurnal bereputasi; dan Mempersiapkan para dosen untuk menjadi fasilitator dalam Aktivitas Merdeka Belajar-Kampus Merdeka khususnya terkait Penelitian dan PkM yang berkolaborasi dengan mahasiswa.

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Yohanes S. Lon, M.A, menginstruksikan kepada para dosen untuk memanfaatkan keilmuan nara sumber, dan jadikan forum ini sebagai ajang bertanya berkaitan dengan penyusunan proposal penelitian dan PkM sehingga berpotensi memenangi hibah dari kementerian. 

“Pada saat kampus kami berada di kluster binaan, banyak dosen-dosen kami yang memenangi hibah dari skema dosen pemula, namun pada saat kluster kami menjadi madya, kami kesulitan menangi hibah dalam 2 tahun terkahir," jelas Prof. John.

Selanjutnya dalam pemaparan materi, Prof Dr. Didik Sulistyanto, memulai dengan menyampaikan pengelompokan Kluster Perguruan Tinggi yaitu kelompok mandiri, kelompok utama, kelompok madya kelompok binaan.

Selanjutnya, Prof. Didik memaparkan materi terkait langkah - langkah yang tepat dalam menyusun proposal sehingga bisa menang hibah kemendikbud. 

Baca Juga: Mahasiswa Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Adu Argumen

Pelaksanaan kegiatan ini sungguh memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi para peserta kegiatan. Hal ini dilihat pada saat diskusi dan tanya jawab, dimana peserta antusias untuk mencari tahu tentang berbagai hal yang berkaitan dengan proposal. 

Rencana kegiatan di hari kedua dan ketiga yaitu bedah proposal dosen yang telah dikirim ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katoli Indonesia Santu Paulus Ruteng. Bedah proposal ini sebagai bentuk melatih dan menemukan kekurangan proposal untuk diperbaiki sehingga bisa diajukan untuk mengikuti hibah.


@red.pikiRindu

Related Posts

Favorit Pembaca




Copyright © pikiRindu. All rights reserved.
Privacy Policy | About | Kontak | Disclaimer | Redaksi