-->


Mahasiswa Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Adu Argumen

Foto bersama ketua prodi  pendidikan matematika, moderator HMPS, panitia dan pengurus HMPS prodi pendidikan matematika (sumber: sie dokumentasi)

Infosaja.pikiRindu- Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengadakan berbagai kegiatan perlombaan untuk mengasah kreativitas mahasiswa. Kegiatan ini sudah berlangsung dua minggu dan mencapai puncaknya pada hari ini Sabtu, 23 April 2022.

Kegiatan perlombaan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika FKIP Unika Santu Paulus Ruteng.

Puncak dari berbagai kegiatan perlombaan ini yaitu perlombaan debat mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa tingkat 1 sampai 3.

Kegiatan perlombaan yang bertema "Pendidikan Berbasis Digital di Era 4.0" ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh HMPS pendidikan matematika. Mahasiswa dari tingkat 1 sampai 3 sangat aktif dalam berbagai perlombaan ini.

Romo Maksimus Regus, selaku Dekan FKIP, menjelaskan bahwa digital merupakan tantangan baru dalam dunia pendidikan dan kita semua harus bisa beradaptasi.

Romo Emilianus Jehadus, selaku ketua program studi pendidikan matematika, memberikan apresiasi yang tinggi bagi para peserta lomba. Romo Emil mengatakan bahwa kegiatan perlombaan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan pengembangan diri mahasiswa.

Ada beberapa bidang yang dilombakan dalam kegiatan ini yaitu lomba dongeng digital, video pembelajaran kreatif, penyusunan proposal PKM, pidato dan debat. Puncak dari kegiatan perlombaan ini adalah lomba debat.

Dalam sambutan moderator HMPS pendidikan matematika, Ricardus Jundu, menjelaskan bahwa berbagai kegiatan perlombaan ini sebagai ajang untuk melatih mahasiswa agar bisa berkompetisi serta mempersiapkan diri dalam berbagai perlombaan serupa yang diselenggarakan pada tingkat nasional ke depannya. 

Lomba debat di hari puncak sungguh memberikan warna tersendiri dalam kegiatan perlombaan ini. Dinamika yang terjadi memberikan gambaran bahwa tema tentang pendidikan berbasis digital yang diangkat ini memang layak untuk didiskusikan. 

Mahasiswa dalam berdebat sungguh memberikan perannya sebagai orang terdidik karena mereka berargumen dengan data yang jelas. Dalam hal ini, mahasiswa prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng sudah dilatih dan terbiasa untuk menyampaikan berbagai pikiran dan argumentasi yang selalu berbasis data.

Menang dan kalah dalam suatu perlombaan itu sudah hal yang biasa tetapi yang paling penting adalah soal partisipasi dan semangat berkompetisi.

Ketua prodi dan moderator HMPS menyampaikan ucapan terima kasih bagi seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini. Ucapan terima kasih itu disampaikan khusus bagi Yayasan Santu Paulus yang telah mendanai kegiatan perlombaan mahasiswa ini.  Terima kasih juga diucapkan untuk panitia dan pengurus HMPS prodi pendidikan matematika yang telah mempersiapkan dengan baik kegiatan ini sehingga bisa sukses.

Ricardus Jundu, selaku moderator HMPS, mengapresiasi kemandirian mahasiswa dalam organisasi HMPS, mereka dilatih untuk menjadi pribadi tangguh dan bertanggung jawab agar kelak mereka menjadi sukses dalam berbagai hal di dunia kerja setelah menamatkan diri dari kampus Unika Santu Paulus Ruteng.

Lanjut Ricard, memang tidak salah mereka memilih prodi Pendidikan Matematika FKIP Unika Santu Paulus Ruteng untuk melanjutkan pendidikannya, mari bergabung dan belajar bersama kami di prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng.


@Red.pikiRindu

Related Posts

Favorit Pembaca




Copyright © pikiRindu. All rights reserved.
Privacy Policy | About | Kontak | Disclaimer | Redaksi