Ads Right Header

Buy template blogger

Menjaga Kebersihan Lingkungan: Kunci Kesehatan dan Pencegahan Penyakit

Ilustrasi Tumpukan Sampah (Sumber: pixabay)

Penulis: Ipong Mude

PIKIRINDU.com- Lingkungan yang kotor adalah bahwa lingkungan yang kotor dan tidak sehat dapat menjadi tempat berkumpulnya banyak penyakit. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan yang kotor atau tidak terjaga kebersihanya. 

Lingkungan yang kotor juga dapat menarik perhatian hewan-hewan yang dapat membawa berbagai penyakit dan merusak kesehatan manusia. Kotoran dan sampah dapat menjadi media ideal untuk berkembang biaknya bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia. 

Lingkungan yang kotor juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada manusia seperti gangguan saluran pernapasan, infeksi kulit dan mata, serta penyakit menular lainnya. Hal ini terjadi karena lingkungan kotor dapat mempengaruhi kualitas udara, air, dan makanan yang dikonsumsi manusia. 

Seperti yang kita ketahui, masih banyak kota-kota kecil di Indonesia memiliki lingkungan yang sangat kotor dan tercemar. Tempat sampah umum yang dipenuhi dengan tumpukan sampah di setiap sudut jalan, air sungai yang tercemar dengan limbah pabrik, dan juga rumah-rumah yang tidak terawat dikelilingi oleh genangan air yang kotor dan berlumpur. Lingkungan kotor tersebut menjadi  tempat berkumpulnya banyak penyakit dan membuat penduduk menjadi  lebih rentan terhadap infeksi. 

Penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar kita. Dengan melakukan tindakan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, kita dapat mencegah  berbagai penyakit yang timbul akibat kondisi lingkungan yang kotor. 

BACA JUGA:

* Pemimpin Destruktif Pembawa Bencana Terhadap Masyarakat

* Menghabit Komunikasi Langsung di Era Digital || Dino Kese

Untuk mencegah terjadinya lingkungan kotor, kita dapat melakukan beberapa tindakan di antaranya yaitu:  1) buang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan, baik itu di pinggir jalan, sungai, atau tempat lainnya yang tidak layak, menjaga kebersihan air dan makanan. 2) Kita juga harus menjaga kebersihan air dan makanan yang kita konsumsi, 3) membersihkan lingkungan secara teratur dapat mengurangi penumpukan sampah serta mencegah tumbuhnya lumut dan jamur, 4) mengurangi polusi udara, dan 5) mengurangi penggunaan plastik. 

Dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut, kita dapat mencegah terjadinya lingkungan kotor serta meningkatkan kesehatan kita semua dan terhindar dari penyakit dan menjaga kesehatan kita dan orang lain sekitar kita.

Penulis merupakan mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng

Catatan: Seluruh isi tulisan merupakan tanggung jawab penulis

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel