Ads Right Header

Buy template blogger

Golo Curu, Oasis Spiritual di Tengah Keindahan Ruteng: Temukan Kedamaian dan Pemandangan yang Menakjubkan

Foto Golo Curu (Sumber: pikirindu/Ricard Jundu)


Penulis: Ricardus Jundu || Editor: Yati Kabut

PIKIRINDU.com- Anda mungkin sudah mengenal Golo Curu tetapi bisa saja anda juga belum mengenal tempat ini. Tulisan ini hadir bagi kalian yang belum mengenal tempat yang layak anda kunjungi dalam perjalanan traveling anda nantinya. 

Golo Curu merupakan tempat yang menyatu dengan keindahan alam dan ketenangan spiritual. Terletak di Karot Curu, kota Ruteng, kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Destinasi ini telah menjadi tujuan utama bagi umat Katolik yang mencari kedamaian dan keberkahan. 

Mari kita telusuri keajaiban Golo Curu yang memikat, yang tak hanya menawarkan gua Maria yang suci, tetapi juga mempersembahkan panorama indah kota Ruteng serta pemandangan menakjubkan dari bukit dan persawahan di sekitarnya.

Golo Curu dikenal karena Gua Maria yang terkenal. Gua ini menjadi tempat ziarah yang ramai dikunjungi setiap hari liburan. Di Golo Curu, para pengunjung dapat menemukan patung Bunda Maria yang menghadap ke arah barat, tempat bagi matahari beristirahat dari pandangan mata kota Ruteng. Suasana yang tenang dan khusyuk memenuhi gua ini, memungkinkan pengunjung untuk berdoa, merenung, dan mencari kedamaian batin.

Salah satu daya tarik utama Golo Curu adalah keindahan alam di sekitarnya. Saat memasuki lingkungan gua, pengunjung akan disambut oleh cahaya matahari dari timur jika anda datangnya di pagi hari. Cahaya itu akan menembus cela-cela pepohonan yang rindang, serasa menciptakan atmosfer yang magis. 

Jika Anda melihat ke arah selatan, Anda akan diberi pemandangan yang menakjubkan dari kota Ruteng yang terhampar luas di bawah kaki bukit pegunungan bernama Mandosawu. Pemandangan ini memberikan perspektif yang luar biasa tentang kehidupan sehari-hari penduduk lokal dan keunikan arsitektur tradisional seperti rumah adat yang masih dilestarikan. Tentunya, ada juga bangunan-bangunan gaya Eropa. Anda pasti akan merasa seperti sedang berada di Eropa.

Tidak hanya itu, jika Anda melirik ke arah utara dan barat, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dari bukit dan persawahan yang hijau. Keindahan alam yang memanjakan mata, dengan lapisan-lapisan tanah yang terbentang sejauh mata memandang dan bukit-bukit yang berbaris rapi sesuai keinginan penciptaNya. Udara segar yang menyejukkan dan keheningan yang terasa di tempat ini benar-benar membuat jiwa Anda merasa damai.

Selain itu, Golo Curu memiliki keuntungan tambahan yaitu dekat dengan sebuah danau kecil yang biasa disebut Mbeang Ledas oleh masyarakat kota Ruteng. Setelah mengunjungi gua dan mengalami momen spiritual yang mendalam, Anda dapat memanjakan diri dengan perjalanan singkat ke danau yang menakjubkan ini (Tapi lumayan cape sih kalau jalan kaki hehehe). Dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang mempesona, Mbeang Ledas menawarkan keindahan alam yang memukau dan ketenangan yang tak tergantikan. Tempat itu jarang diketahui orang loh. 

Yang membuat Golo Curu semakin menarik adalah biaya masuk yang tidak dikenakan kepada pengunjung. Ini memberikan kesempatan bagi siapa saja, tanpa memandang latar belakang atau kondisi finansial, untuk mengunjungi tempat ini dan mengalami momen spiritual yang berharga. Pendekatan ini mencerminkan keramahan dan inklusivitas yang menjadi ciri khas Golo Curu. Tapi, kalau boleh saran sih sebaiknya ada tarif masuk sih hehehe.

Bagi umat Katolik, Golo Curu bukan hanya sekadar destinasi pariwisata, tetapi juga tempat yang memperdalam dan memperkukuh iman. Umat katolik mengunjungi gua Maria Golo Curu bukan sekedar hanya untuk berdoa tetapi juga menjadi tempat untuk canda dan bersantai ria Bersama keluarga karena alamnya mengundang anda untuk melakukan itu.

Sebagai contoh pengalaman pribadi penulis nih. Tanggal 01/06/2023 kami mengunjungi gua Maria Golo Curu. Apa sih yang kami dapatkan? Serius, banyak hal yang kami dapatkan. Pertama, menikmati pemandangan kota sekaligus pemandangan perbukitan dengan sawah terasering yang menggugah mata memandang.

BACA JUGA:

* Penutupan Bulan Maria, Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Selenggarakan Shering Bersama di Golo Curu

* Bunda Maria: Teladan Mengikuti Yesus

* Cerita Menuju Jong dan Waling Yang Masuk Kecamatan Borong Tetapi Jauh Dari Borong

Kedua, nuansa kesejukan batin Ketika berdoa. Siapa saja yang berdoa di sini akan merasakan hal yang sama karena berdoa di alam bebas dengan ketenangan jiwa yang sungguh membuat hati lebih tenang.

Ketiga, tempat yang paling baik untuk melakukan kegiatan kerohanian karena tidak dibatasi ruangnya dan bisa sekaligus menikmati udara segar di puncak yang begitu segar. Waktu itu, kami buat kegiatan shering bersama saling berbagi cerita dan pengalaman dalam meningkatkan kualitas diri sekaligus berdoa bersama untuk menutup bulan rosario.

Jika kalian ingin menikmati suasana seperti yang kami rasakan maka langsung saja berkunjung ke Golo Curu, Karot, Ruteng, kabupaten Manggarai. (Red.pikirindu)


Penulis adalah pengajar di Unika Santu Paulus Ruteng yang suka jalan-jalan di pedalaman Flores - NTTPenulis juga penyuka karya sastra dan seni, pegiat usaha mikro yang bergerak di ekonomi kreatif-bisnis digital dengan nama usahanya Flores Corner (naiqu, cemilan santuy, dan JND desain), serta pengajar di Unika Santu Paulus Ruteng. Hasil tulisan penulis sudah banyak dipublikasikan di berbagai media cetak dan online.

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel