-->

Palang Merah Indonesia Kabupaten Manggarai Selenggarakan Kegiatan Orientasi Pembina PMR

Foto bersama fasilitator, panitia, dan peserta (Sumber: Panitia)

Penulis: Elisabeth Irma N. Davidi, Editor: Ricardus Jundu

Infosaja.pikiRindu - Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Manggarai menyelenggarakan kegiatan orientasi pembina PMR tingkat madya dan wira (19/11/2022).

Kegiatan orientasi pembina Palang Merah Remaja tingkat madya dan wira berlangsung selama dua hari, pada 18-19 November 2022 dan dilaksanakan di Markas PMI Kabupaten Manggarai.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 19 orang Pembina PMR dari bebebrapa sekolah jenjang SMP dan SMA di wilayah kecamatan Langke Rembong, kabupaten Manggarai.

Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Manggarai secara khusus menyelenggarakan kegiatan ini  sebagai bekal bagi pembina PMR dalam melaksanakan tugasnya dengan maksimal.

PMR menjadi wadah pembinaan anggota remaja PMI. Kegiatan pelatihan dan aplikasi TRI Bhakti PMR yang dapat mencetak anggota-anggota PMR yang berkarakter positif dan mencerminkan jiwa kepalangmerahan. 

Anggota PMR merupakan salah satu ujung tombak kegiatan dan pelayanan kepalangmerahan PMI di kabupaten Manggarai.

Dalam memberikan pelayanan yang maksimal dan bermutu baik, anggota PMR harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang mendukung pelayanan tersebut. 

Foto latihan pertolongan pertama oleh peserta (Sumber: Panitia)

Dalam memaksimalkan pelayanan PMI kabupaten Manggarai maka diperlukan proses rekruitmen, pelatihan , dan pembinaan anggota PMR. 

Elisabeth Irma N. Davidi, selaku ketua panitia kegiatan sekaligus sebagai pengurus PMI Kabupaten Manggarai bidang PMR dan Relawan, mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah upaya pihak PMI Kabupaten Manggarai untuk menggiatkan kembali unit-unit PMR di sekolah yang sempat ‘mati suri’ selama pandemi Covid-19 kali lalu.

Baca Juga: Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Ikut Berbagai Perlombaan

“Kegiatan ini adalah upaya revitalisasi unit-unit PMR sekolah, baik jenjang Madya (SMP) maupun jenjang Wira (SMA) untuk kembali terlibat aktif dalam berbagai program PMR dan mengimplementasikan TRI Bhakti PMR bagi lingkungan sekitarnya. Diharapkan setelah kegiatan ini, para pembina PMR yang telah mengikuti kegiatan orientasi, semakin aktif merancang dan mengimplementasikan program-program pada unit PMR sekolahnya masing-masing”, jelas Davidi.

Kegiatan Orientasi Pembina PMR kali ini didampingi oleh beberapa fasilitator  terlatih dari PMI Kabupaten Manggarai dengan beragam materi kepalangmerahan dan ragam teknik pelatihan yang digunakan.

Pelatihan ini memungkinkan para peserta orientasi mendapatkan pemahaman dan keterampilan kepalangmerahan yang memadai. 

“Orientasi merupakan bentuk pengakuan Organisasi PMI kepada semua pihak yang mendarmabaktikan karyanya untuk kemanusiaan, secara khusus Para Pembina PMR yang sudah mengikuti kegiatan selama 2 hari ini. Mereka mengkuti kegiatan ini dengan semangat. Beberapa harapan muncul dari mereka untuk mengembangkan dan memajukan PMR di masing-masing sekolah dan ini hal yang baik, karena kita mengharapkan peran mereka terutama dalam mengedukasi nilai-nilai kemanusiaan kepada anak-anak PMR baik di SD, SMP, dan SMA/K”, tegas Tommy Hikmat,  selaku salah satu fasilitator pada kegiatan orientasi ini. 

Salah satu peserta orientasi  dari SMK St. Petrus Ruteng, Ibu Maria K.D Sambang, memberikan testimoni positif  terhadap kegiatan orientasi ini. 

“Saya senang sekali dilibatkan dalam kegaiatan yang diselenggarakan PMI Kabupaten Manggarai, yang memungkinkan kami untuk difasilitasi dalam kegiatan Orientasi Pembina PMR kali ini, sehingga kami mampu memahami dan mengetahui tentang materi kepalangmerahan dan PMR. Semoga setelah kegiatan ini kami dapat semakin  paham dan terampil dalam membimbing dan mendampingi siswa/i anggota PMR kami di sekolah, dan terlibat aktif dalam berbagai TRI Bhakti PMR yang bermanfaat bagi siswa/i kami dan masyarakat sekitar," jelas Sambang.

Baca Juga: Guru MGMP Mata Pelajaran PPKN SMPN 6 Cibal Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Kegiatan orientasi pembina PMR ini turut dibuka dan ditutup secara resmi oleh ketua PMI Kabupaten Manggarai, bapak Roni Kaunang.

Pada kesempatan itu, bapak Rony memberikan penegasan bahwa kegiatan ini menjadi starting point yang optimal untuk kembali menghidupkan PMR-PMR di sekolah-sekolah dan turut menyuksukseskan berbagai program-program kepalangmerahan di tingkat PMI Kabupaten Manggarai khususnya dan PMI tingkat Nasional pada umumnya. (Red.pikiRindu)

Related Posts

Favorit Pembaca





Copyright © pikiRindu. All rights reserved.
Privacy Policy | About | Kontak | Disclaimer | Redaksi