Ads Right Header

Buy template blogger

7 Manfaat Konsumsi Olahan Singkong yang Perlu Kamu Ketahui

Olahan Singkong (Sumber: pixabay)

Editor: Ricardus Jundu

Konsumsi Singkong Secukupnya, Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Singkong adalah tanaman umbi yang tumbuh di daerah tropis. Singkong merupakan sumber makanan yang penting bagi masyarakat di seluruh dunia. Selain enak dan mudah didapatkan, singkong juga kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kalau pada tulisan sebelumnya, ada tulisan tentang 7 olahan singkong yang bernilai ekonomis untukusaha rumahan, maka kali ini dijelaskan manfaat mengonsumsi olahan dari singkong.

Jika kamu adalah orang yang sangat mempedulikan kesehatan maka mengonsumsi olahan singkong patut kamu pertimbangkan. Olahan singkong memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.

Supaya tidak memperpanjang waktu kamu untuk membaca tulisan ini, selanjutnya langsung saja ke beberapa manfaat mengonsumsi olahan singkong.

Menjaga Kadar Gula Darah

Berdasarkan penjelasan dari Journal of Ethnopharmacology,  Kweon, M.-H., et al. (2005), singkong mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memperlambat penyerapan glukosa oleh tubuh, sehingga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, yang perlu membatasi konsumsi makanan yang tinggi gula.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan penjelasan dari International Journal of Food Science & Technology, Prakash, Dhan, et al. (2009), singkong mengandung serat, vitamin C, dan kalium, yang semuanya penting bagi kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, sementara vitamin C dan kalium membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Otak

Berdasarkan penjelasan dari Obesity Research,  Wurtman, Judith J. & Richard J. Wurtman (1995), Singkong mengandung asam amino tryptophan, yang diperlukan oleh tubuh untuk membuat neurotransmitter serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter penting yang membantu mengatur suasana hati dan memperbaiki kualitas tidur.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Berdasarkan penjelasan dari Food Chemistry, Osundahunsi, O. F. & F. O. Olu-Owolabi (2003), Singkong mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, singkong juga mengandung senyawa kimia yang disebut saponin, yang dapat membantu melindungi lambung dari kerusakan dan mencegah terjadinya luka pada dinding lambung.

Menjaga Kesehatan Mata

Berdasarkan penjelasan dari Nutrition Reviews, Sommer, Alfred, et al (1988), singkong mengandung vitamin A dan lutein, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Vitamin A juga penting bagi penglihatan dalam kondisi cahaya yang rendah.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Berdasarkan penjelasan dari National Academies Press (US), Institute of Medicine (US) Committee to Review Dietary Reference Intakes for Vitamin D and Calcium (2011), singkong mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor membantu memperkuat tulang dan gigi, sementara magnesium membantu dalam penyerapan kalsium. Konsumsi singkong secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis dan gigi berlubang.

Menjaga Kesehatan Kulit

Berdasarkan penjelasan dari Nutrients, Pullar, Juliet M., et al (2017), singkong mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu produksi kolagen dalam kulit, sementara vitamin E membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan. Konsumsi singkong secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omset UMKM dengan Manajemen Efektif

Itulah manfaat dari hasil olahan singkong yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu sudah mempertimbangkan tentang mengonsumsi olahan singkong? Sebaikanya kamu pertimbangkan.

Selain itu, olahan singkong juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, seperti tepung singkong, keripik singkong, dodol singkong, dan masih banyak lagi.

Meskipun singkong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun ada juga beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengonsumsinya. Beberapa varietas singkong mengandung senyawa kimia yang disebut asam sinamat, yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan saluran pencernaan jika tidak dimasak dengan benar.

Selain itu, singkong juga mengandung sianida dalam jumlah kecil, yang dapat beracun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan atau tidak dimasak dengan benar.

Baca Juga: Mengenal Manfaat dan Penggunaan Sekam Padi sebagai Produk Berguna

Oleh karena itu, penting untuk memastikan singkong matang sempurna sebelum dikonsumsi, dan tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, berarti kamu harus mengonsumsi dengan secukupnya saja.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu agar kesehatan kamu tetap terjaga dengan baik. (Red.pikirindu)



Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel