Ads Right Header

Buy template blogger

Penilaian Tengah Semester SMP Negeri 6 Cibal Sudah Berbasis Android, Patut Dicontohi Sekolah Lainnya di Manggarai

Peserta didik ikut PTS (Sumber: Panitia PTS SMP Negeri 6 Cibal)

Editor: Ricardus Jundu

pikiRindu.com- Penilaian Tengah Semester merupakan proses penilaian yang wajib dilakasanakan dalam satuan pendidikan. 

Penilaian ini berguna untuk mengukur pengetahuan peserta didik terhadap berbagai materi pelajaran yang sudah dipelajari selama setengah semester atau selama tiga bulan. 

Penilaian tengah semester atau disingkat PTS merupakan salah satu proses penilaian untuk mencapai penilaian akhir dalam satu semester. 

Pelaksaan PTS berbasis android ini dilaksanakan  pada tanggal 20 - 25 Maret 2023 yang bertempat di SMP negeri 6 Cibal, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggrai.

Penilaian tengah semester ini sudah mengikuti perkembangan teknologi. Dulu, biasanya menggunakan kertas sekarang sudah bisa memanfaatkan android.

Bagi SMP Negeri 6 Cibal Pelaksanaan PTS berbasis android ini sebagai salah satu upaya SMP Negeri 6 Cibal menyesuaikan perkembangan pendidikan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Sekalipun SMP Negeri 6 Cibal berada di pelosok desa di kabupaten Manggarai, tetap saja tidak meruntuhkan semangat mengikuti perubahan teknologi yang juga berdampak pada pendidikan sekarang ini.

SMP Negeri 6 Cibal melaksanakan PTS berbasis android dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan sekolah.  PTS berbasis android dilaksanakan karena sekolah melihat sumber daya yang ada, baik itu guru, siswa, dan fasilitas sekolah yang cukup memadai untuk dilaksanakannya PTS berbasis Android. 

Peserta didik antusias mengikuti ujian berbasis android

Agustinus Pank Suriman, sebagai kepala sekolah SMP negeri 6 Cibal,  mengatakan bahwa aplikasi yang digunakan ini adalah aplikasi yang efeketif dan efisien bagi bapak dan ibu guru serta peserta didik karena sangat mebantu dalam proses penilaian yang transparan terhadap peserta didik. Selain itu, siswa juga dapat melihat langsung nilai setelah selesai ujian, jelasnya.

Sementara itu, Agnesty Aprilia Darmin, sebagai guru pada SMP Negeri 6 Cibal, mengatakan bahwa pelaksanaan PTS berbasis android sangat membantu guru dalam proses penyusunan soal dan penilaian karena nilai peserta didik dan analisis nilai dapat diketahui langsung setelah peserta didik menyelesaikan ujianya.

Di sisi lain, Hendrika Cantika Dalandiz,  salah satu peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Cibal, menyampaikan bahwa peserta didik sangat antusias menyambut perubahan dan inovasi yang dilakukan oleh sekolah dalam melaksanakan PTS berbasis android karena selain menyenangkan juga bisa meningkatkan semangat peserta didik dalam melaksanakan PTS.

Baca Juga: Guru MGMP Mata Pelajaran PPKN SMPN 6 Cibal Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Secara teknis Pelaksanaan PTS berbasis android di sekolah menggunakan aplikasi CBT (Computer Bassed Test) yang selain bisa diakses melalui komputer, siswa juga sebagai klien dapat mengkases melalui android yang dimiliki.  

Guru tidak lagi periksa hasil jawaban peserta didik secara manual karena nilai peserta didik sudah otomatis ada dalam aplikasi. Sekolah juga lebih hemat dan mengurangi perbelanjaan ATK. 

Di satu sisi, Civitas Akademika SMPN 6 Cibal juga tidak ketinggalan dengan kemajuan teknologi saat ini. Terobosan ini sebagai langkah maju, sekaligus membangkitkan semangat para guru dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis penggunaan IT. (Red.pikiRindu)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel