Ads Right Header

Buy template blogger

Julie Laiskodat Mengagumi Kecerdasan Siswa SMAN 1 Kota Kupang

Foto bersama Julie Laiskodat saat kunjungan (Sumber: Wanster Buu)

Kontributor: Wanster Buu, Editor: Ricardus Jundu

Kupang, pikiRindu.com- Anggota DPR RI, komisi IV, Dapil NTT 1, Bunda Julie Sutrisno Laiskodat, saat mengunjungi SMAN 1 Kota Kupang, NTT, Jumat, 24 Maret 2023, merasa kagum dengan kecerdasan para siswa SMAN 1, saat para siswa bisa menjawab beberapa pertanyaan dari dirinya. 

Julie Laiskodat yang didampingi Penjabat Kota Kupang, George M. Hadjo, Kepala Dinas Kesehatan NTT, serta rombongan disambut meriah oleh para guru, serta siswa SMAN 1 Kota Kupang. Rombongan diiringi dengan tarian Jai, khas Kabupaten Ngada, NTT. 

Disaksikan awak media, serta tamu undangan, Julie Laiskodat, saat memberikan arahan, dirinya langsung menuju siswa yang sedang berbaris di halaman SMAN 1 Kota Kupang. 

Julie ingin memastikan progres dari program sang suami, Viktor Bungtilu Laiskodat, terkait masuk sekolah pukul 05.30 Wita yang diawali dengan berbagai pertanyaan. 

Ia lalu bertanya kepada 10 siwa yang dipilihnya secara acak. Dari ke- 10 siswa tersebut, semua pertanyaan dari dirinya dijawab dengan baik. Dirinya merasa kagum dengan siswa yang ada di SMAN 1 Kota Kupang, yang merupakan sekolah gemar makan ikan. 

“Saya kagum dengan  kalian. Dari sekian banyak sekolah yang saya keliling. Disini yang saya melihat bahwa siswa/i sangat luar biasa kecerdasannya”, puji Julie. 

Julie juga terus mengingatkan kepada para siswa SMAN 1 Kota Kupang, agar terus mengkonsumsi ikan dan marungga (kelor). Menurutnya, mengkonsumsi 1 mangkok marungga sama dengan mengkonsumsi 17 mangkok susu. 

Dirinya juga menceritakan bahwa pohon marungga terbaik hanya ada di Spanyol dan Kupang, NTT.

Baca Juga: Penilaian Tengah Semester SMP Negeri 6 Cibal Sudah Berbasis Android, Patut Dicontohi Sekolah Lainnya di Manggarai

Istri dari Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, juga menyinggung soal stunting dan gizi buruk di NTT yang dapat mempengaruhi kecerdasan. 

“NTT potensi SDA sangat kaya, namun NTT butuh SDM yang baik. Mulai dari kalian (SMAN 1,red). Menurut data, SDM di NTT selalu urutan dibawah dari propinsi – propinsi lain namun, ada obatnya yakni makan marungga dan ikan karena di dalam ikan ada gizi berupa protein dan kalsium yang terdapat pada tulang ikan”, pesan Julie Lasikodat. 

Ketua Dekranasda NTT ini juga menceritakan betapa dasyatnya manfaat dari tanaman marungga. Dimana, kasiat tanaman marungga telah memperbaiki HB salah seorang remaja putri SMAN 6 yang kondisi HB sebelumnya tidak normal. 

“Saat saya mengunjungi SMAN 6 tadi (jumat, 24/23, red), Seorang remaja putri SMAN 6, baru satu minggu mengkonsumsi marungga, ketika diperiksa HB remaja putri tersebut, kondisinya semuanya normal di atas 12”, cerita Bunda Julie Laiskodat,  kepada Kepsek SMAN 1, Kota Kupang, seakan mempertegas bahwa sangat penting mengkonsumsi marungga bagi siswa di sekolah tersebut. 

Dihadapan para siswa SMAN1 Kota  Kupang, Julie juga berpesan bahwa tidak cukup makan marungga saja namun perlu juga mengkonsumsi ikan. Contoh, orang Jepang pintar karena mengkonsumsi ikan. 

“Mengkonsumsi marungga harus juga mengkonsumsi ikan. Seperti orang Jepang, dari sebelum lahir sudah makan ikan. Orang Jepang sangat pintar. Produk Jepang di mana-mana. Contoh mobil, buatan Jepang dan produk lainnya”, ungkap Julie sembari memotivasi para siswa SMAN 1 Kota Kupang.

Penjabat Walikota Kupang, George M. Hadjo, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada SMAN 1 Kota Kupang karena sudah menjadi contoh sekolah yang gemar makan ikan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omset UMKM dengan Manajemen Efektif

George juga memuji SMAN 1 Kota Kupang, sangat bersih dan kelihatan indah, jauh dari tumpukan sampah.

Namaun di sisi lain disaksikan media ini, hari yang sama saat kunjungan Julie, di SMAN 1 Kota Kupang, terlihat tumpukan sampah, dengan aroma menyengat, seperti ada bangkai hewan mati. Tumpukan sampah itu berjejeran di trotoar tepat samping SMAN 1 Kota Kupang. (Red.pikiRindu)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel