Ads Right Header

Buy template blogger

Guru Harus Tahu Hybrid Learning

Sumber foto: pixabay.com

Penulis: Ricardus Jundu

Guru jaman sekarang harus mulai terbiasa dengan hybrid learning. Alasannya, sekarang kita memasuki era digital. Perkembangan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi. 

Suka ataupun tidak suka, guru harus update keterampilan dirinya. Guru perlu mempersiapkan diri dengan isu perubahan kurikulum baru yang sudah mulai diujicobakan pada semua sekolah penggerak.

Hybrid Learning adalah solusi pembelajaran di era digital agar generasi kita bisa bersaing dengan berbagai negara maju lainnya.

Hybrid learning berbeda dengan blended learning. Berikut perbedaan hybrid learning dan blended learning.

Hybrid learning adalah pembelajaran yang menggabungkan berbagai pendekatan dalam pembelajaran yakni pembelajaran tatap muka, Pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran berbasis online (internet dan mobile learning).

Blended Learning adalah pada dasarnya merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap-muka dan secara virtual. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (tatap muka) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial.

Dari penjelasan tentang hybrid learning dan blended learning di atas hendaknya guru dari sekarang mempersiapkan diri dengan baik. Guru perlu meningkatkan lagi kompetensinya melalui keterampilan digital.

Kurikulum baru yang sedang dirancang dan diujicobakan pada sekolah penggerak akan menjadi acuan pendidikan di semua sekolah ke depannya.

Guru harus bisa kreatif untuk mengkombinasikan pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring, dan pebelajaran berbasis komputer.


Saran penulis, guru harus belajar tentang menggunakan komputer dalam pembelajaran. Misalnya; belajar membuat video pembelajaran, menggunakan virtual lab, membuat game berbasis komputer, dan masih banyak lagi.

Sekolah, kendatinya dari sekarang perlu mempersiapkan juga perpustakaan digital di sekolah yang bisa digunakan siswa sebagai sumber belajar.

Bagaimana kombinasi pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring, pembelajaran berbasis komputer akan penulis kupas tuntas dalam tulisan berikutnya. Ikuti terus pikiRindu agar bisa cepat update berbagai informasinya.

Salam "Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan"


@Red.pikiRindu




Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel