-->

Mahasiswa KKN Di Desa Liang Sola Gerakkan Program Teras Literasi

Mahasiswa KKN di desa Liang Sola lagi berdiskusi (sumber foto: mahasiswa KKN)

Mahasiswa harus bisa menjadi penggerak dalam kehidupan bermasyarakat

Infosaja.pikiRindu- Mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng yang melaksanakan KKN integratif tahun 2022 di desa Liang Sola, kecamatan Lembor, kabupaten Manggarai Barat membuat program kegiatan dengan nama Teras Literasi.

Program kegiatan ini dirancang dari kampus dan akan dilaksanakan di desa Liang Sola untuk meliterasi anak SD dan SMP. Pelaksanaan kegiatannya dimulai hari ini Sabtu, 15 Juli 2022.

Kegiatan dalam program Teras Literasi ini berkaitan dengan pendidikan, pertanian, dan pariwisata. Dalam bidang pendidikan, gerakan yang dilakukan mahasiswa KKN yaitu menulis kreatif, bahasa inggris, dan literasi media pembelajaran.

Dalam bidang pertanian ada kegiatan teras agronomi yang di dalamnya berkaitan dengan literasi pertanian. Selanjutnya, dalam bidang budaya dan pariwisata ada kegiatan yang menghidupkan sanggar dasar.

Peserta KKN di desa Liang Sola berjumlah 13 orang mahasiswa. Mereka merupakan mahasiswa dari beberapa program studi yaitu prodi pendidikan matematika, prodi paud, dan prodi bahasa inggris.

Ricardus Jundu, selaku dosen pendamping lapangan (DPL) menjelaskan bahwa mahasiswa yang turun langsung dalam kehidupan masyarakat di desa Liang Sola harus bisa menjadi penggerak. Mahasiswa harus bisa membantu memecahkan persoalan masyarakat, jelasnya.

Sebelum 13 mahasiswa turun lapangan, mereka berdiskusi bersama DPL untuk merancang berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di desa nantinya. Dari hasil diskusi bersama DPL, maka disepakati rancangan program kegiatan Teras Literasi ini.

Selain, program Teras Literasi, mahasiswa juga merancang program kegiatan bersama kepala desa dan staf desa Liang Sola sehingga hasil rancangannya mahasiswa akan melaksanakan kegiatan seperti bakti sosial, kerohanian, forum diskusi, dan membantu melancarkan kegiatan posyandu dan sosialisasi stunting bersama aparat desa.

Pelaksanaan kegiatan KKN integratif 2022 di kabupaten Manggarai Barat kali ini sebagai hasil kerja sama lembaga Unika Santu Paulus Ruteng dengan pemerintah kabupaten Manggarai Barat.

Harapannya kehadiran mahasiswa di desa Liang Sola bisa memberi warna baru bagi kehidupan masyarakat desa.


@red.pikiRindu

Related Posts

Favorit Pembaca





Copyright © pikiRindu. All rights reserved.
Privacy Policy | About | Kontak | Disclaimer | Redaksi